'
"WELCOME TO OUR WEBSITE, WE SUBMIT ANY INFORMATION, AND THANKS FOR VISITING..."

Rabu, 20 Juni 2012

Selamat Jalan, Kakakku… uhuk, uhuk, uhuk…


Ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Ada Awalussanah, juga ada Akhirussanah. Ungkapan yang tidak asing bagi kita, apalagi disaat kita harus berpisah dengan teman, saudara atau orang yang kita kasihi… Lho, kok…? Berikut liputannya….
Begitupula, pagi hingga siang hari ini… Rabu, 20 Juni 2012 menjadi momen yang ‘kan dikenang sepanjang masa oleh siswa kelas VI, para orang tua atau guru. Acara Akhirussanah Kelas VI tahun 2012, menjadi puncak dari segala kegiatan kelas VI dan merupakan titik tolak bagi mereka meninggalkan tempat yang sekian tahun telah membekali serta mengubah pribadi yang tadinya tidak mengenal dan paham huruf, kalimat, mata pelajaran umum ataupun agama; SD Islam Diponegoro yang tercinta ini…
Acara yang dimulai pukul 07.30 WIB, secara berurutan siswa naik ke panggung, bersama-sama mereka akan melafalkan beberapa surat dari Al-Qur’an Juz 30 (Surat ad-Dhuha sampai an-Naba’), sebagai pertanda bahwa sebagian diantara mereka telah khatam/hafal juz ‘amma (angkatan tahun 2011/2012, tercatat 26 siswa-siswi). Selama 1 jam lantunan ayat-ayat suci al-Qur’an membahana di aula tempat acara berlangsung, secara khitmad didengarkan oleh para orang tua, guru, dan tamu undangan.
Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, diawali oleh Kepala Sekolah SDI Diponegoro (Bp. Achmad Munawar, M. Pd), yang inti sambutannya adalah melaporkan beberapa hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran hingga hasil ujian yang diperoleh siswa, pesan” kepada para siswa dan orang tua agar selalu muroja’ah hafalan juz’ amma, serta prestasi yang diperoleh siswa SD baik di tingkat kecamatan maupun Kota Surakarta. Juga tidak lupa, menyerahkan kembali pendidikan para siswa kepada orang tua setelah mereka lulus dari SDI Diponegoro, yang dalam hal ini diterima oleh perwakilan orang tua siswa kelas VI yaitu Bp. Fahmi (orang tua Aisyah-Farah, VIb).
Sebagai perwakilan orang tua, Bp. Fahmi menyampaikan ucapan terima kasih kepada para guru yang telah mendidik dengan baik para siswa, yang telah menganggapnya sebagai anak sendiri, yang nantinya selepas SD akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya orang tua. Tak lupa, di akhir sambutan Bp. Fahmi menyampaikan beberapa pesan dan kesan bagi SDI Diponegoro maupun Yayasan.
Ada hal yang menarik, penuh decak kagum, juga terlihat antusiasme dari hadirin, saat sambutan disampaikan oleh Kepala UPTD Pasarkliwon, diwakili oleh Bp. Sutrisno, M.Pd. Kenapa, ya…? Karena, beliau dulunya guru dan Kepala Sekolah di SDI Diponegoro Surakarta. Ikatan batin yang sangat kuat, membuat pertemuan ini sangat mengesankan. Ingat, MENGESANKAN…!! Karena, selain beliau memberikan pesan moral buat anak” sebagai bekal setelah lulus dari SD, beliau ternyata mengetes langsung 8 siswa yang dinyatakan khatam juz ‘amma. Beliau membaca potongan ayat, dan siswa yang maju tadi, satu persatu diminta meneruskannya… Tepuk tangan meriah dari hadirin memenuhi ruangan… Di akhir sambutan, beliau menyatakan akan memberikan penghargaan/hadiah kepada salah satu siswa yang mempunyai prestasi di tingkat kota Surakarta (Nikmah Amalia), yang nantinya penghargaan tersebut diharapkan dapat membuat siswa semakin maju. Apaan tuch…? Ternyata, sebuah Netbook yang akan dikirim langsung ke rumah Nikmah Amalia…. HEBAT… RIGHT…!!!
Sambutan demi sambutan berakhir, kini giliran acara hiburan”. Penampilan siswa kelas VIb (menyanyikan dua buah lagu), kelas VIa (menampilkan seni hadrah), puisi, dan tak lupa sulap… Kemeriahan acara Akhirussanah tahun 2011/2012, diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari siswa kepada para guru dilanjutkan foto bareng siswa, guru, dan komite SDI Diponegoro. Berbagai pose dilakukan, tentunya agar foto tersebut menjadi kenangan yang tidak akan mudah terlupakan selama hidup. Narsis banget bro…!! hehehe….

Seberapa narsis-nya yach… Ayo, liat fotonya...

(Sumber Postingan, P' Hajir)